Manfaat Positif Beralih dari Http ke Https untuk SEO

Manfaat Positif Beralih dari Http ke Https untuk SEO

Banyak perbedatan antara penggunaan www dan non www berpengaruh terhadap SEO atau tidak. Banyak ulasan mulai dari forum-forum SEO ternama, komunitas dan pakar SEO, dan situs-situs digital marketing lainnya membahas mengenai hal tersebut. Seiring berjalannya waktu, Google juga terus merilis berbagai algoritma baru dan memperbaiki celah-celah yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan pribadi.

Terlebih jika berbicara mengenai SEO, banyak faktor yang harus diperhatikan agar suatu website bisa mencapai halaman 1 sehingga Google selalu melakukan update berkala dengan crawler-nya untuk mengetahui apakah ada komponen website yang belum sempurna atau belum untuk ditempatkan di halaman pertama.

Saat ini mulai banyak para pakar internet, pakar SEO beralih dari penggunaan HTTP ke HTTPS bukan tanpa sebab, karena menurut mereka ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti:

 

(Baca Juga: Merasa Traffic Blog atau Website “Merosot Tajam”? Jangan-Jangan Ini Dia Penyebabnya)

 

Keamanan

Website / blog yang memiliki HTTPS lebih aman dibandingkan dengan situs lainnya karena terenkripsi dengan tingkat pengamanan yang akan menjamin keamanan data selama proses komunikasi terjadi antara client dengan server.

Hal ini juga membuat user akan merasa aman untuk membuka suatu situs. Berbeda dengan website yang hanya menggunakan HTTP (walaupun sebenarnya masih banyak) namun Google sangat menyarankan untuk beralih ke https. Kamu bisa membaca informasinya langsung di sini.

 

Memberikan Kesan Lebih pada Suatu Website / Blog

Penggunaan HTTPS juga bisa memberikan nilai prestige lebih terhadap suatu website sehingga banyak orang akan lebih mengingatnya sebagai sebuah URL yang profesional dan aman untuk dikunjungi. Hal ini tentu akan berpengaruh pada meningkatnya trafik pada suatu website / blog.

 

Penggunaan HTTPS Bisa Memberikan Pengaruh Baik pada SEO Website/Blog

Apabila kamu membaca referensi dari Google sendiri mengenai penggunaan HTTPS, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Google sendiri-lah yang menyatakan bahwa website dengan HTTPS lebih baik daripada website hanya dengan HTTP. Bahkan menurut analisa dari AHREFS juga menguatkan pernyataan bahwa ke depannya HTTPS akan sangat diperlukan dan menjadi standar wajib yang harus digunakan.

 

(Baca Juga: Mengenal Algoritma Google Fred & Dampaknya Bagi Blog atau Website yang Melakukan SEO)

 

Itulah keuntungan menggunakan HTTPS untuk SEO, memang saat ini belum banyak yang menyadarinya. Namun, berbagai jasa SEO yang berpengalaman pasti akan menyadari hal ini dan kamu bisa mengambil ilmu yang diberikan melalui berbagai tulisan yang dibagikannya.

top