Masih Bingung Membedakan Hosting dan Domain? Ini Jawaban Mudahnya

Semakin majunya era teknologi tentunya menjadikan komputer dan internet sebagai hal yang sudah tidak asing lagi ditelinga. Namun banyaknya istilah-istilah baru yang acap kali muncul membuat masyarakat tidak dapat memahami semua hal yang mencakup aspek komputer maupun teknologi. Benar bukan?

Kalau Anda termasuk pengguna internet yang masih bingung untuk membedakan antara hosting dengan domain, silahkan menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Gunakan Definisi Hosting Ini Agar Mudah Dipahami

Hosting merupakan media penyimpanan file-file website di internet

Hosting merupakan media penyimpanan file-file website di internet

Setiap website tentu saja membutuhkan media di mana file-file atau data-data penting bisa disimpan  dengan aman dan diakses dengan mudah kapanpun kita butuhkan. Jadi,  setiap file Anda yang berupa gambar, script, artikel, maupun video akan tetap tersimpan dalam server dan bisa dibuka selama 24 jam.

Nah, itulah fungsi hosting. Ya, hosting merupakan media di mana database dari website disimpan di dalamnya dengan aman. Dengan demikian penggunanya bisa kembali membuka data yang tersimpan tersebut melalui akses internet kapanpun diinginkan.

Artikel lainnya: Di 2013, Artikel Ini Menjadi Viral di Dunia Online

Arti Domain? Anggap Itu Sebagai Alamat Rumah di Internet

Istilah mudahnya domain bisa juga disebut sebagai alamat rumah di internet

Istilah mudahnya domain bisa juga disebut sebagai alamat rumah di internet

Pernah membaca dan memperhatikan dengan seksama alamat sebuah link atau website saat Anda mengakses internet? nah, itulah domain. Yup! Domain merupakan nama dari website. Setiap website tentu saja wajib memiliki alamat bukan? itulah fungsi dari domain yang memberikan alamat tertentu yang unik pada website dalam dunia internet yang luas dan memiliki jutaan nama yang berbeda. Dengan adanya domain Anda tentu bisa lebih mudah mengingat suatu situs dan mencarinya di internet bukan?

Contoh nama atau alamat domain adalah sebagai berikut:

bersosial.com

detik.com

Untuk memiliki alamat domain tersebut, Anda bisa memasangnya sesuai dengan nama domain yang Anda inginkan. Bagi Anda yang ingin memiliki domain, Anda bebas memilih nama domain yang disarankan. Namun untuk mendapatkan nama atau alamat domain, Anda diharuskan membayar dengan nominal tertentu kepada penyedia alamat domain.

Begitu juga dengan hosting yang mengharuskan Anda membayar layanan maintenance pada penyedia layanan Hosting. Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih layanan hosting, karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam memilih layanan hosting. Apabila salah dalam memilih, maka hal ini bisa berdampak buruk ke depannya.

Dengan demikian, meski hosting dan domain memang erat kaitannya, namun kedua istilah ini jelas saja memiliki esensi dan fungsi yang berbeda.

top