Mengenal Algoritma Google Fred & Dampaknya Bagi Blog atau Website yang Melakukan SEO

Belakangan ini para pelaku SEO mulai merasakan ada yang aneh pada blog/website yang mereka kelola, mulai dari trafik yang menurun drastis hingga penurunan ranking yang tidak biasanya.

Biasanya hal ini terjadi saat Google melakukan update algoritmanya, dan benar saja Google secara resmi telah merilis algoritma terbaru mereka yang dinamai dengan Fred.

Banyak forum-forum SEO hingga website-website ternama yang memang khusus melakukan analisa mengenai SEO dan digital marketing yang membahas mengenai Google fred ini, mulai dari ads.id, bersosial, hingga searchengineland.com yang saat ini masih dijadikan patokan banyak orang untuk mendapatkan informasi yang akurat melalui data-data yang disajikan di dalamnya.

Lalu Apa Tujuan Update Algoritma Google Fred Ini?

google fred

Ini dia algoritma google terbaru, Google Fred

Tujuan utama Google melakukan algoritma tentunya untuk mengurangi kecurangan yang dilakukan ataupun berbagai tindakan manipulatif lainnya yang bersifat merugikan.

Baca juga: SEO untuk Pemula: Pemahaman, Cara Kerja, dan Keuntungan

Dari banyaknya pemilik blog dan website yang terkena dampak yang ditimbulkan oleh update terbaru algoritmanya, ada benang merah yang bisa dilihat bahwa dalam blog dan website mereka. Hal ini sudah diulas di berbagai forum SEO luar negeri dan dalam negeri serta para blogger lainnya, dikatakan bahwa jika terjadi sesuatu yang aneh maka bisa dipastikan terdapat beberapa hal berikut ini:

  • Melakukan Spam Link Building
  • Tidak Memiliki Konten yang Berkualitas dan Mengandalkan PBN (Private Blog Network)
  • Kurangnya Related Link dalam Artikel
  • Tidak Membuat Nyaman Pembaca (Hal Ini Berhubungan dengan Related Link)

Walaupun tidak 100% benar, analisa ini didasarkan pada pengalaman yang benar-benar terjadi, karena setiap Google melakukan update, semua orang tidak akan pernah tahu alasan sebenarnya jadi yang bisa dilakukan hanya melakukan analisa, trial & error, dan mengambil kesimpulan atas apa yang terjadi.

Seperti yang diketahui bersama Google menginginkan bahwa setiap orang yang menyediakan informasi haruslah akurat dan benar sesuai fakta. Bukan hanya asal-asalan. Google tidak ingin para pembaca menjadi tersesat dengan informasi yang tidak benar.

Karena itu akan lebih baik jika memberikan tautan/related link yang sesuai dengan topik pembahasan.

Khusus untuk website/blog yang mendapatkan banyak link dari PBN, tentu hal ini sangat tidak wajar dan bisa dikatakan sebagai tindakan yang tidak baik hanya demi mendapatkan trafik dan ranking yang baik di mesin pencari, jadi wajar saja jika update algoritma kali ini menyasar pada 4 ciri di atas.

Bagaimana Cara Menghindari Algoritma Ini agar Tidak Terkena Dampaknya?

cara agar terhindar dari Google Fred

Inilah seharusnya cara yang dilakukan agar tidak terkena dampak Google Fred

Cara yang paling aman untuk melakukan SEO adalah dengan tetap mengikuti panduan yang telah diberikan Google itu sendiri. Dengan begitu blog ataupun website yang dioptimasi akan tetap aman. Teknik ini dinamai dengan white-hat SEO.

Walaupun google melakukan update algoritma sebanyak apapun juga, jika Anda tetap mengikuti aturan main yang diberikan maka Anda tidak perlu khawatir, tetapi jika tidak maka Anda harus berhati-hati mulai dari sekarang.

Sebaiknya Anda mulai perbaiki cara Anda melakukan optimasi pada blog ataupun website.

Itulah informasi yang bisa diberikan, jika blog ataupun website anda tidak terkena dampak dari update algoritma ini sebaiknya jangan senang dulu, tetap ikuti panduan yang diberikan Google dan tetap berikan yang terbaik dalam memberikan informasi pada para pembaca.

top