Mengenal Apa Itu Iklan PPC Google Adwords

Posisi iklan Anda di hasil pencarian search Google jika menggunakan Adwords

Posisi iklan Anda di hasil pencarian search Google jika menggunakan Adwords

Mungkin bagi sebagian diantara Anda yang ingin bisnis-nya go online sudah pernah mendengar iklan PPC atau Google Adwords. Model iklan seperti apakah itu? Bagaimana cara kerjanya? Apakah efektif?

Nah di artikel kali ini kita akan membahasnya dalam bahasa yang bisa dipahami oleh pemula. Tapi sebelum kita membahas pengertian Google Adwords, ada baiknya kita mengenal istilah PPC terlebih dahulu.

Apa Sih Iklan PPC Itu?

PPC adalah singkatan dari Pay-Per-Click, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya bayar per klik. PPC merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya.

Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan).

Nah, Google Adwords merupakan penyedia terbesar layanan iklan PPC dan PPM di dunia hingga saat ini, dengan pendapatan fantastis hingga milyaran US Dollar!

Efektifitas dan Manfaat Menggunakan Google Adwords

Beriklan di internet menggunakan Google Adwords memiliki keunggulan tersendiri, beberapa di antaranya adalah:

Lebih Cepat Daripada SEO
Capek dengan SEO yang tidak juga membuahkan hasil? Dengan Adwords, iklan website Anda bisa langsung muncul di halaman pertama Google hanya dalam hitungan jam atau hari (selama tidak melanggar ketentuan layanan Adwords)

Tertarget dan Fleksibel
Selaku pengiklan, Anda bisa mengatur budget per hari, siapa yang hendak ditarget, dari negara mana, behavior-nya seperti apa, di jam dan hari apa saja.

Jangkauan Iklan yang Luas
Google memliki banyak network dengan trafik gila-gilaan: Youtube, Gmail, aplikasi Android, dll. Di luar itu, masih banyak blog dan website yang menjadi network partner dari Google, yang artinya mereka bersedia menampilkan iklan Anda yang “dioper” oleh Google.

Cara Kerja Iklan PPC Google Adwords

Skema iklan PPC, termasuk Google Adwords, setidak-tidaknya melibatkan 3 pihak:

1. Penyedia teknologi/ platform – kalau mau beriklan, maka harus mendaftar ke pihak ini. Dia-lah yang memiliki teknologi, aturan, dan biaya iklan dibayarkan kepadanya. Dalam hal ini Google adalah pemilik teknologinya.

2. Pemilik website/ blog – iklan-iklan Anda nanti akan muncul di website atau blog mereka, biasa disebut juga dengan istilah network atau jaringan.

3. Pengiklan/ advertiser – yaitu orang yang mau beriklan di internet menggunakan Adwords.

Kurang lebih, seperti ini skemanya:

Skema Google Adwords PPC

Jika ingin menggunakan layanan Google Adwords, langkah awal adalah membuat akun terlebih dahulu di http://www.google.com/adwords. Setelah login, nanti Anda akan masuk ke sebuah halaman dashboard yang digunakan untuk setting bugdet, materi iklan, analisa jumlah klik yang didapat, jumlah budget yang telah dihabiskan, dan lain sebagainya.

Hal-Hal Lain yang Perlu Anda Ketahui

1. Iklan Adwords tidak hanya berupa text saja seperti ini:

iklan-adwords-berupa-text




Tapi bisa juga berupa banner seperti ini (alias GDN, Google Display Network):




iklan-adwords-gdn

2. Sistem yang digunakan adalah bidding.

Misalnya gini, Anda ingin saat orang search “sepatu online” di Google, maka iklan website Anda ikut muncul. Nah, Anda bersedia bayar berapa jika ada visitor yang klik?

Kenapa pakai bidding? Karena kompetitor Anda dan banyak website lainnya juga pasti ada yang pakai Adwords, sedangkan Google terbatas menampilkan iklannya. Itulah sebabnya pakai bidding dan rotasi. Artinya, semakin besar Anda berani bid (bayar), maka semakin besar peluang iklan Anda muncul dan semakin tinggi posisinya.

Itulah yang bikin Google kaya raya 🙂

3. Bisa Munculin Alamat, Telepon, dan Sitelink

Ini contohnya:

Ekstensi Pada Adwords

4. Bisa Remarketing

Apa itu remarketing?

Misalnya begini, ada orang yang baru saja buka dan melihat-lihat website Anda. Setelah itu dia close, lalu melihat-lihat website lain. Nah, iklan website Anda tetap bisa muncul di website lain yang dia buka itu, sehingga “membuntuti” terus visitor tersebut, dengan tujuan meningkatkan brand awareness.

konsep-remarketing

Urus Sendiri Atau Pakai Penyedia Jasa Google Adwords?

Kalau Anda punya waktu untuk mempelajari segala kerumitannya, mengikuti update-update terbaru Google Adwords, atau tim digital marketing yang in-house di perusahaan Anda yang mengatur segalanya, maka boleh saja untuk melakukan sendiri campaign Adwords Anda.

Tetapi jika Anda tidak memiliki waktu untuk itu semua, maka menggunakan digital marketing agency yang menyediakan layanan iklan Google Adwords merupakan salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan. Semoga artikel ini bisa membantu bisnis Anda menjadi lebih berkembang lagi.

top