Mengenal Link Building Dalam SEO dan Cara Melakukannya

Jika Anda sedang mempelajari tentang SEO, atau pernah mencari-cari penyedia jasa SEO, besar kemungkinan Anda pernah mendengar istilah link building, backlink, atau inbound link. Semua istilah itu sama saja, tapi untuk kemudahan komunikasi kita gunakan saja istilah “link building” dalam artikel ini.

Apa Itu Link Building?

Skema Link Building

Pola sederhana membangun backlink

Pengertian link building secara sederhana adalah sebuah teknik tertentu agar website lain yang mau memberikan link (tautan) ke website kita. Alasannya bermacam-macam, bisa karena Anda adalah partner bisnis dari website tersebut, ada jalinan kerjasama, atau karena website Anda berisi artikel-artikel bermanfaat, dan sebagainya.

Kenapa Link Building Penting Dalam SEO?

Karena jumlah link yang menuju ke website Anda merupakan salah satu faktor ranking yang paling penting di mata Google. Artinya, kalau mau menaikkan ranking website Anda, maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah bagaimana agar website Anda bisa mendapatkan banyak link dari website lain.

faktor-ranking-google

Tidak hanya banyak, kualitas link yang didapat juga sangat penting. Tidak bisa sembarangan link. Kalau yang didapat kebanyakan backlink yang berasal dari website “sampah” yang isinya spam, maka salah-salah justru ranking website Anda di Google bisa semakin terbenam.

Aturan Penting yang Harus Diketahui

Untuk melakukan link building, ada 3 kaidah utama yang harus diperhatikan:

1. Terlihat Alami atau Natural

Matt Cutts perihal pentingnya membuat backlink natural

Matt Cutts perihal pentingnya membuat backlink natural

Ada kutipan yang sangat tepat mengenai hal ini:

“Link building terbaik adalah link building yang terlihat seolah-olah seperti bukan link building”

Ya, benar. Jika Anda sengaja melakukan link building, secara teori bisa dibilang Anda mencoba memanipulasi ranking Google, dan Google tidak suka itu. Tapi kalau menunggu secara pasif agar website lain mau memberikan link, tentu akan lama sekali baru ada hasil.

Solusinya? Link building itu harus dilakukan secara alami dan natural. Kalau dalam sehari tiba-tiba langsung dapat ribuan backlink, atau backlink-nya berasal dari website yang sejenis, dengan anchor text yang itu-itu saja, maka itu bisa dibilang tidak natural.

2. Berasal dari Website Berkualitas

Google benci website spam!

Google benci website spam!

Mendapatkan banyak backlink tetapi kalau berasal dari website spam semua maka akan percuma saja. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga backlink Anda berasal dari website seperti apa. Semakin berkualitas sebuah website, semakin tinggi score (nilai) backlink yang didapat di mata Google.

Website berkualitas memiliki ciri-ciri seperti berikut:
– Memiliki trafik yang cukup tinggi
– Aktifitas dan interaksi di website-nya cukup hidup, bukan website mati
– Tidak ada unsur spam
– Mengandung konten yang berkualitas

Nah, kalau mau link building, usahakan website Anda mendapatkan backlink berkualitas dari website seperti itu.

3. Berasal dari Website dengan Topik Serupa

Skema Link Website Topical dari Moz.com

Skema Link Website Topical dari Moz.com

Jika website Anda berisi topik tentang “tutorial web design”, maka akan sangat baik sekali jika bisa mendapatkan backlink dari website dengan topik yang serupa. Misalnya dari website tentang graphic design, dari seorang blogger yang menyukai dunia web design, atau dari portal berita yang membahas tentang trend web design.

Semakin banyak backlink yang berasal dari website dengan topik serupa, maka semakin relevan website Anda di mata Google.

Misi utama mesin pencari Google adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Oleh karena itu, jika ingin website Anda muncul di halaman terdepan, maka sangat penting membuat website Anda relevan dengan keyword yang diinginkan, dan salah satu caranya adalah dengan mendapatkan backlink dari website yang memiliki topik serupa.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Setelah mengetahui kaidah-kaidah tersebut, mungkin Anda akan berpikir bahwa link building itu sulit. Ya, memang kenyataannya sulit, dan bisa dibilang ini merupakan bagian tersulit dalam proses SEO. Anda punya pilihan, pakai jasa backlink atau melakukannya sendiri.

Jika ingin melakukannya sendiri, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Isi website Anda dengan artikel atau tips bermanfaat
  • Share tips tersebut di forum-forum yang membahas topik tersebut, tapi JANGAN SPAM!
  • Aktiflah berkontribusi di komunitas-komunitas online yang membahas topik tersebut
  • Jalin relationship dengan netizen lain yang sekiranya memiliki interest yang sama dengan topik tersebut
  • Aktif menyumbang artikel di blog-blog atau website yang membahas topik tersebut

Kira-kira demikian pembahasan seputar link building untuk SEO, semoga bermanfaat bagi kemajuan bisnis online Anda. Jika Anda ingin saling sharing atau bertanya lebih lanjut seputar topik ini, bisa like Fanspage kami di Facebook dan ikut berinteraksi di sana.

top