Strategi Terbaik untuk Bisnis Online Itu Pake Layanan Adwords? Ataukah Teknik SEO?

Para penggiat bisnis online dari tahun ke tahun terasa semakin banyak peminatnya, hal ini dikarenakan perkembangan dunia online yang semakin luas. Hadirnya berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll menjadi ajang promosi yang bisa meningkatkan persentase keuntungan yang didapat.

Terlebih tren penggunaan internet yang semakin meningkat tiap tahunnya, dapat merubah persepsi seseorang untuk mulai beralih/membuka bisnis online sendiri.

Jika memang begitu, sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk terjun dalam bisnis online? Jika sudah sekarang mari kita mulai.

Layanan Iklan Berbayar di Google (Adwords)

Google Adwords

Seberapa pentingkah penggunaan Google Adwords?

Apabila Anda belum terlalu familiar dengan kata “adwords” , cobalah untuk membuka google dan mengetik kata kunci apapun. Maka di sana akan muncul tampilan iklan (biasanya iklan dari Google akan ditandai dengan kata ads) untuk membedakannya dengan website yang memang telah dilakukan optimasi SEO sehingga bisa menempati halaman 1.

Adwords sendiri merupakan layanan iklan berbayar yang dibuat Google agar seseorang bisa mengiklankan produknya dan masuk dalam kategori pencarian di halaman pertama sesuai dengan nominal bid yang dikeluarkan.

Ada 2 hal yang menentukan posisi iklan Anda nantinya, yaitu CPC bidding yaitu seberapa besar nominal Anda mau membayar untuk kata kunci yang ditargetkan pada iklan dan Quality score adalah nilai dari kualitas iklan yang Anda buat.

  1. Kelebihan Menggunakan Adwords

  • Hasil yang relatif lebih cepat
  • Iklan bisa muncul kapan saja sesuai waktu periode iklan
  • Meningkatkan awareness terhadap brand/produk
  • Biaya iklan yang kompetitif
  • Pasti masuk halaman 1 google

Anda juga bisa melakukan customized terhadap iklan yang diinginkan, namun jika Anda merasa sedikit kesulitan Anda bisa mencoba menghubungi jasa digital marketing untuk membantu Anda.

Optimasi Kata Kunci Menggunakan Teknik SEO

Mengenal SEO dan tekniknya

Menelusuri apa itu SEO dan bagaimana caranya bekerja

SEO (Search Engine Optimization) berbeda dengan adwords yang bisa masuk dalam halaman pertama Google dengan waktu yang instant tanpa perlu susah payah melakukan optimasi kata kunci. Pada dasarnya SEO adalah sebuah teknik mengoptimasi website baik secara on-page dan off-page agar bisa berada di halaman pertama dengan kata kunci tertentu.

Proses optimasi SEO ini terbilang tidak bisa dipastikan karena algortima Google sendiri yang akan menilai dan menentukan peringkat kata kunci yang ditargetkan, sehingga optimasi SEO adalah proses optimasi yang membutuhkan waktu dan termasuk kategori jangka panjang.

  1. Kelebihan Menggunakan SEO

  • Bisa menargetkan banyak kata kunci
  • Hasil optimasi bertahan untuk waktu yang lama (jangka panjang)
  • Bisa dilakukan tanpa harus membayar iklan kepada Google
  • Meningkatkan traffic

Lalu Mana yang Harus Digunakan? Adwords ataukah SEO?

SEO vs Google adwords

Lalu mana yang harus dipilih antara Adwords dan SEO?

Pada dasarnya kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun strategi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjangkau seluruh calon potensial pelanggan Anda adalah dengan menggambungkan penggunaan Adwords dan SEO agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Kenapa harus keduanya?

Dengan menggunakan Adwords sekaligus SEO, itu berarti Anda telah lebih dulu menguasai pangsa pasar dengan begitu bisnis online Anda akan bisa dipasarkan melalui dunia online dengan jangkauan yang lebih luas ketimbang hanya menggunakan 1 cara saja.

top