6 Tips Jualan di Instagram Bagi Pemula

Tips Promosi di Instagram

Popularitas Instagram baru-baru ini sedang naik daun. Tidak ayal media sosial tersebut dijadikan media untuk berbagai keperluan, mulai dari media untuk meningkatkan eksistensi, hingga media untuk ajang berbisnis. Instagram memang menjadi media yang sangat tepat untuk berbisnis, apalagi bagi para pemula yang tidak memiliki modal yang cukup besar untuk memiliki offline store sendiri.

Instagram sendiri memungkinkan para seller untuk mengunggah foto-foto dari produk yang ingin dijual sehingga para pembeli bisa melihat dan memilih produk yang Anda jual dari foto-foto tersebut. Berikut beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis melalui Instagram.

1. Gunakan Foto-Foto Menarik

Don’t judge the book by its cover.

Peribahasa tersebut ada benarnya, tetapi tidak dipungkiri cover yang menarik membuat kita lebih tertarik. Untuk menarik perhatian para followers. Anda bisa mengunggah foto-foto yang menarik dari produk yang ingin Anda jual. Hal tersebut membuat promosi dari produk tersebut lebih efektif, karena orang-orang akan tertarik dengan melihat fotonya yang menarik.

Anda bisa menggunakan model untuk mempromosikan produk Anda, dengan begitu produk yang sederhana sekalipun akan terlihat lebih menarik jika dipresentasikan secara menarik.

2. Lakukan Endorsement

Endorsement menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis melalui Instagram. Endorsement sendiri yaitu merupakan sistem promosi dimana seorang seller mengirimkan produknya kepada seorang artis atau selebgram untuk mereka promosikan di akun instagram mereka.

Sistem endorsement ini sangat efektif sebagai ajang promosi sekaligus untuk meningkatkan jumlah follower. Seorang artis atau selebgram tentunya memiliki jumlah followers yang cukup banyak, bahkan bisa mencapai jutaan followers.

Nah hal tersebut bisa digunakan sebagai ajang promosi bagi para seller karena kesempatan untuk memperkenalkan online shop dan produk mereka lebih luas.

3. Selalu Update Produk Anda

Pasti bosan kan jika melihat sebuah toko dengan barang jualan yang itu-itu saja? Bayangkan saja jika Anda memasuki sebuah toko pakaian yang produk-produknya adalah produk keluaran lama, pasti Anda mengurungkan niat untuk berbelanja bukan?

Begitupun dengan online shop, produk-produk yang Anda jual harus di-update secara berkala, agar para pembeli tidak bosan dan tertarik untuk mencoba produk-produk terbarunya.

Contohnya saja jika Anda memiliki online shop dengan produk pakaian didalamnya, maka Anda harus selalu meng-update produk Anda sesuai dengan trend fashion yang sedang berkembang.

4. Adakan Promo-Promo Menarik

Siapa yang tak suka diskon? Semua orang pasti menyukai diskon dan promo menarik. Tidak hanya mall saja yang bisa mengadakan promo, Anda pun bisa mengadakan promo-promo menarik untuk menarik perhatian para pembeli.

Hal tersebut sangat efektif untuk meningkatkan penjualan karena bisa menarik perhatian pembeli lebih besar dari biasanya.

5. Interaksi dengan Follower Anda

Jangan cuma keasikan post foto, tetapi tidak memperdulikan respon dari follower Anda. Mungkin mereka hanya bertanya-tanya, tetapi siapa tau suatu saat nanti mereka membeli. Memberikan respon yang ramah, informatif, dan cepat tanggap akan memberikan pengalaman yang positif bagi follower Anda.

6. Jangan Melulu Jualan, Sesekali Post Casual

Follower Anda akan malas kalau setiap kali post isinya jualan melulu. Selingi dengan gambar-gambar atau foto yang casual, yang tidak bersifat jualan langsung. Anda bisa post gambar-gambar meme yang lucu-lucu, motivasi, atau foto diri Anda sendiri yang lagi makan siang barangkali. Dengan demikian, follower juga tidak mudah bosan, dan interaksi biasanya justru terjadi dari posting-posting casual tersebut.

Sekian beberapa tips berbisnis di Instagram. Bagi Anda pemula, jangan takut untuk memulai bisnis di Instagram, karena dengan tips-tips diatas, Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan bisnis online Anda.

Selamat berbisnis online!

Tags

top