7 Strategi Efektif Agar Website Muncul dan Menonjol di Halaman Pertama Google

Agar website bisa tampil dan menonjol di halaman pertama Google, Anda tidak hanya sekedar membutuhkan iklan yang bagus saja, namun Anda juga harus memanfaatkan praktik SEO terbaik dan berbagai tools yang ditawarkan oleh Google. Apakah Anda sudah mengevaluasi strategi SEO yang Anda gunakan? Ataukah Anda sudah memiliki rencana yang dapat memastikan agar website Anda bisa bersaing atau bahkan mengalahkan kompetitor?

Jika belum, berikut beberapa strategi efektif yang akan membantu Anda untuk membuat website Anda tidak hanya sekedar muncul di halaman pertama Google, tapi juga jadi lebih menonjol dibandingkan kompetitor Anda.

1. Pasang Google Ads yang Menarik

Ada berbagai cara untuk membuat Google Ads jadi tampak lebih menarik dari pesaing Anda. Tentunya, Anda harus terlebih dahulu melakukan riset kata kunci serta menguji dengan berbagai variasi iklan, memanfaatkan ekstensi iklan, menggunakan teks iklan dengan kata-kata rayuan yang menarik, dan selalu fokuskan iklan Anda pada target audiens. Ingatlah selalu untuk membuat HEADLINE yang menarik dari kompetitor.

2. Gunakan Google Ads Display

Agar website Anda semakin menonjol, jika memungkinkan Anda bisa memanfaatkan fitur Google Display dengan menargetkan kategori website ternama. Selain itu supaya dapat menarik target audiens, selalu pastikan bahwa iklan Anda ditayangkan di situs yang tepat dengan memeriksa rujukan traffic di Google Analytics. Jangan lupa, Google Display membutuhkan desain kreatif yang memiliki lebih dari satu ukuran berbeda agar bisa disesuaikan dengan berbagai penempatan dan perangkat.

3. Optimalkan Landing Page Anda

Anda harus meninjau elemen-elemen kunci apa saja untuk mengsukseskan landing page Anda agar konten yang dipasang lebih optimal. Tujuannya untuk meningkatkan lalu lintas organik ke halaman website Anda dengan mendapatkan lebih banyak perhatian dari audiens yang tepat. Semakin banyak engagement yang dihasilkan dari audiens, maka akan semakin tinggi dan menonjol pula peringkat website Anda di halaman pertama Google.

4. Buat Akun Google Bisnis

Meski akun Google Bisnis membantu mengemas informasi bisnis Anda agar jadi lebih menonjol, namun yang paling berpengaruh adalah ulasan dari pelanggan. Untuk membuat bisnis Anda semakin diminati dan disukai, Anda juga dapat mengelola dan menanggapi setiap ulasan yang diberikan oleh pelanggan demi mendorong lebih banyak ulasan positif. Selain itu melalui ulasan, Anda juga bisa mempromosikan citra merek dan nilai bisnis Anda agar jadi lebih menonjol dibanding kompetitor.

5. Manfaatkan Google Snippets

Rich snippets membantu mengoptimalkan website Anda untuk ditampilkan dalam hasil mesin pencari Google. Usahakan untuk selalu menyertakan informasi yang kaya, agar setiap audiens yang melihat tautan Anda merasa bahwa website Anda adalah jawaban yang mereka cari. Karena itu, rich snippets berfungsi untuk memberikan pengalaman penelusuran yang lebih baik dan meningkatkan jumlah klik ke situs web Anda.
Untuk membuat konten jadi lebih menarik, Anda juga bisa menampilkan informasi eksplisit baik itu dengan mencantumkan angka atau poin-poin penting. Selain itu, cari rujukan kata kunci dari fitur ‘penelusuran terkait’ dan ‘orang juga bertanya’ agar memperkuat sinyal yang ditampilkan informasi bisnis Anda.

6. Bangun Backlink yang Kuat

Dari 209 faktor yang menentukan peringkat hasil pencarian Google, backlink dengan kualitas yang baik menyumbang sebanyak 47 faktor dari angkat tersebut. Ini berarti Anda tidak dapat mengabaikan pembuatan tautan berkualitas saat sedang mengembangkan rencana pemasaran untuk menjadikan website Anda lebih menonjol dari kompetitor.
Backlink kuat yang dapat meningkatkan SEO dimulai dengan mempublikasikan konten berkualitas, memberikan arahan menuju website Anda dengan meninggalkan jejak di blog atau website lain yang relevan, melakukan riset dari kompetitor Anda, dan buat studi kasus untuk merencanakan strategi pemasaran agar Anda lebih dilirik di Google.

7. Buat Konten Dengan Keyword yang Tepat

Agar meningkatkan peringkat di Google, Anda harus fokus pada lebih dari sekedar landing page saja. Saat membuat konten website, Anda juga harus menargetkan lebih banyak keyword yang sesuai sehingga dapat memancing pelanggan potensial supaya tertarik dan mengunjungi website Anda. Untuk mengoptimalkan isi konten tersebut, tentunya Anda harus menempatkan kata kunci di semua tempat yang tepat dan jangan lupa untuk meninggalkan backlink di website lain. Seperti pada meta title, url, judul halaman dan pada penggunaan heading di body.

Itu dia beberapa cara efektif yang dapat membantu Anda untuk tidak hanya sekedar tampil di ranking teratas Google, namun juga dapat lebih menonjol dan menarik minat pelanggan dibanding kompetitor Anda.

top