Begini 5 Cara Meningkatkan Interaksi Di Instagram Melalui Fitur Story Highlights

Begini 5 Cara Meningkatkan Interaksi Di Instagram Melalui Fitur Story Highlights

Contoh Highlight Story di Instagram

Sosial media termasuk Instagram merupakan salah satu media yang dapat menjadi lapak  bagi Anda yang sedang mempromosikan produk Anda. Melalui Instagram Anda dapat menawarkan produk baik berupa foto maupun video. Bahkan, Instagram juga menyediakan fitur promosi secara live bagi penggunanya melalui story highlight.

Selain membagi live video, pada story Instagram Anda juga bisa berinteraksi dengan follower melalui IGTV. Apalagi, terhitung sekitar 500 juta pengguna Instagram paling sering menggunakan story untuk berkomunikasi melalui fitur yang nantinya dapat disimpan sebagai highlight per album layaknya arsip.

Dengan kata lain, fitur ini pas menjadi media menawarkan barang dan berinteraksi dengan konsumen lebih intens. Tetapi, pastikan Anda menggunakan 5 cara ini agar interaksi melalui story highlight bersama pelanggan terus meningkat:

1. Tunjukkan Setiap Produk

Hal pertama yang bisa Anda posting pada story Anda adalah menunjukkan dan mengenalkan produk Anda dan apa saja yang Anda tawarkan pada konsumen. Anda mungkin merasa cukup melakukan step ini melalui feed hingga peran story Instagram terabaikan. Padahal, kenyataannya sekitar 75% pengguna memutuskan membeli dari web dan story highlight ketimbang melihat seluruh postingan Anda melalui feeds karena dianggap lebih mudah dan singkat.

Oleh karena itu, cobalah tampilkan ragam produk yang ditawarkan secara terpisah agar memberikan kesan lebih fokus dan rapi. Contohnya dengan memisahkan produk sesuai jenis atau periodenya.

2. Promosikan Setiap Event

Selanjutnya, cobalah membangun brand awareness dengan mempromosikan setiap event yang diselenggarakan toko atau perusahaan Anda. Tidak ada salahnya pula menampilkan event sebelumnya, event yang akan datang hingga rencana kedepan agar mendapat gagasan dari pelanggan.

Ciptakan stoty highlight yang ekslusif, kreatif, unik dan menarik yang memiliki khas dari brand lain. Dengan cara ini Anda bisa menarik pelanggan lebih antusias dalam menuangkan ide hingga terbangunlah interaksi yang intens.

3. Tunjukan Pada Pelanggan Tentang Apa yang Sudah Anda Lakukan

Selain memperkenalkan produk ataupun jasa, Anda juga perlu memberitahu pada pelanggan mengenai gambaran tentang perusahaan Anda. Cobalah bagikan moment saat rapat, hal-hal menarik tentang para pekerja, pencapaian perusahaan, gambaran saat akan ada produk baru dan lain-lain.

4. Bangun Interaksi yang Baik dengan Pelanggan

Untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, sangat penting menciptakan rasa dekat pada hati pelanggan Anda yang bisa dilakukan dengan memahami keinginan mereka. Jadi, jangan ragu menerima banyak kritik dan saran. Dengan demikian Anda juga bisa menyimpulkan mengenai apa saja yang membuat pelanggan puas dan kurang puas.

Selain membangun interaksi, cara seperti ini juga bisa membantu menentukan strategi social media marketing dan digital marketing untuk  membuat iklan facebook, Instagram dan google ads menarik selanjutnya.

5. Jawablah Semua Pertanyaan Pelanggan dengan Cepat

Selain tidak ragu menerima hingga meminta saran pada pelanggan, cara lain yang bisa meningkatan interaksi konsumen melalui story highlight adalah dengan menyediakan highlight khusus berisi Q & A. Kemudian, share jawaban dari pelanggan agar pelanggan merasa dihargai dan benar-benar merasa bagian dari perusahaan Anda.

Jadi coba posisikan diri sebagai pelanggan agar dapat menentukan tentang hal-hal yang mungkin dipertanyaan oleh pelanggan. Misalnya mengenai jam operasi, produk baru, lokasi dan lain-lain.

Selain ke 5 cara di atas, untuk meningkatkan interaksi melalui story highlight Anda juga bisa membuat album khusus berupa tips dan tutorial penggunaan produk maupun jasa, menampilkan testomoni pelanggan, promosikan diskon dan lain-lain. Ingat, buatlah semua story highlight dengan ekslusif, menarik dan terpisah berdasar jenisnya ya.

top