6 Langkah Mudah Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

cara memasang lokasi bisnis di google maps

Pada jaman yang apa-apa serba online, Google menjadi salah satu tempat untuk mencari apa yang kita butuhkan. Tidak terkecuali dalam mencari lokasi. Pasti kita akan menuju ke salah satu produk Google yaitu Google Maps. Sebagai pemilik bisnis, tentunya kita menginginkan lokasi bisnis kita bisa ditemukan dengan mudah oleh calon pelanggan.

Keuntungan jika lokasi bisnis kita sudah masuk di Google Maps antara lain adalah:

– Mudah ditemukan oleh calon pelanggan
– Terlihat lebih terpercaya dan profesional
– Bisnis kita bisa di review oleh customer
– Dengan mudah mengupdate informasi terbaru terkait bisnis kita agar calon pelanggan juga mudah mengetahuinya

Lalu, bagaimana cara agar bisnis Anda bisa masuk di Google Maps ?

6 Langkah Mudah Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

1. Buka aplikasi Google Maps pada handphone Anda.

2. Ketuk tab Contribute yang berikon tanda Plus (+). Sebelum mulai menambahkan lokasi bisnis, Anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun Google Anda.

3. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman yang memiliki beberapa opsi. Pada halaman ini, Anda bisa mengedit peta, menambahkan tempat jika Anda membuka beberapa cabang bisnis di banyak tempat, memberikan ulasan, serta menambahkan foto untuk bisnis Anda.

4. Pilih opsi Add Place. Sebelum meng-update lokasi bisnis Anda, isi formulir terlebih dahulu dengan data yang akan digunakan. Ketuk kolom Add Name untuk membuat nama lokasi, Add Category untuk mengisi kategori bisnis, dan Add Address guna menambahkan alamat lokasi yang akurat. Pastikan Anda memasukkan alamat jalan yang lengkap dan benar, seperti nama jalan, nomor jalan, kecamatan, kota, hingga provinsi. Anda juga bisa mencantumkan nomor telepon, jam buka, situs, dan foto-foto tambahan untuk membantu Google memverifikasi lokasi bisnis Anda.

5. Jika Google tidak dapat menemukan alamat Anda, Anda bisa mengisi lokasinya dengan mengetuk kolom update lokasi melalui peta. Gunakan pin berwarna merah di tengah lokasi bisnis Anda. Misalnya, jika Anda mengelola toko yang terletak di dalam mall, letakkan pin di tengah mall. Untuk memperbesar dan memperkecil peta, gunakan fitur Zoom In dan Zoom Out.

6. Setelah semuanya selesai, kemudian tekan tombol Send yang berbentuk ikon pesawat kertas di pojok kanan atas.

Perlu Anda ketahui, langkah-langkah di atas hanya berlaku untuk penambahan lokasi di aplikasi Google Maps terbaru. Jika masih memasang versi yang lama, Anda bisa memperbaruinya terlebih dulu melalui Google Play Store atau App Store sebelum menggunakannya.

Sebelum lokasi Anda dipublikasikan, Google akan melakukan proses peninjauan terlebih dahulu untuk memastikan kualitasnya. Karena itu, Anda perlu menunggu beberapa waktu sampai lokasi Anda bisa muncul di Google Maps.

Itu dia beberapa langkah mudah untuk menambahkan lokasi bisnis di Google Maps. Selamat mencoba.

top