Membaca Arah Internet Marketing Indonesia di 2016

Tren Pengguna Internet Indonesia

Pada saat kita bicara tentang pasar internet di Indonesia, yang dimaksudkan bukan sekedar semaraknya jual beli internet, atau saling berlombanya praktisi SEO berkejar-kejaran, dan atau jumlah transaksi super miliar dollar yang berlangsung, melainkan juga bagaimana penetrasi pengguna, bagaimana cara mengejar para pengguna internet? Pada pasar apa? Dan di mana?

Tren Pertumbuhan Internet di Indonesia

Internet saat ini sedang dalam fase pertumbuhan yang cepat, didorong dari sisi permintaan sejalan dengan pertumbuhan kekayaan kelas menengah baru, artiya tanpa pertumbuhan maka diyakini belanja internet pun terhambat. Para operator seluler tetap aktif mengejar jatah mereka pada peningkatan pelanggan dari pertubuhan sebesar 5.4 persen pada 2015. Setidaknya, menurut data dari PUSKAKOM UI, tercatat ada 88 juta pengguna internet baru pada tahun 2014.

Baca juga: Akankah Internet Membunuh Televisi?

Ini jauh dibawah perkiraan konsensus yang memprediksi bahwa jumlah pengguna internet akan tumbuh dari 55 juta pada tahun 2012 menjadi 125 juta tahun 2015. Walau meleset, jumlah pengguna di Indonesia sudah lebih besar dari pengguna Korea. Data ini bagaimanapun akan terus naik, karena tingkat pertumbuhan Internet di Indonesia akan melebihi 30% per tahun untuk lima tahun ke depan. Dan pada 2016, diyakini ceruk pasar bertambah 40 juta menjadi 110 juta pengguna.

Faktor Pendorong Pertumbuhan yang Harus Diperhatikan

Tiga fundamental kunci mendukung periode berkelanjutan pertumbuhan pasar Internet:

1. Pertumbuhan ekonomi yang kuat dan konsisten di sekitar 6% per tahun, dan tingkat pengeluaran pribadi saat ini meningkat lebih dari 10% per tahun.

2. Kelas menengah di Indonesia berkembang pesat, dengan membawa permintaan yang kuat untuk perangkat teknologi dan layanan online.

3. Persaingan yang ketat antara perusahaan mobile mendorong harga layanan data turun dan juga meningkatkan kesadaran konsumen melalui kampanye iklan pasar massal.

Meski demikian, diyakini sebagian besar prakiraan pasar yang meremehkan pertumbuhan pengguna internet Indonesia di masa depan, dan tidak memperhitungkan dua dari dinamika kunci dari pasar Indonesia di atas, akan pula tertinggal dari agresifnya masyarakat Indonesia menelan semua konten yang disediakan di Internet.

Terlebih canangan dan dukungan Presiden pada Indonesia yang lebih kapabel pada teknologi informasi menjadikan pasar Indonesia salah satu yang terpanas. Para investor mestinya memperhatikan tren ini, bukan sekedar wajib memiliki website pada setiap usaha mereka, melainkan juga memiliki tim mumpuni yang akan membawa website mereka menjangkau lebih banyak lagi pasar.

Ceruk Pasar Pengguna Internet yang Perlu Digali

Basis tradisional internet sudah berubah, dari sekedar pembawa informasi, dan keranjang belanja, menjadi alat hiburan multimedia. Tren multimedia dimulai pada tahun 2011, di mana kelompok usia 25-50 mulai bermain menjadikan internet sebagai rumah pertama yang mesti menyediakan mereka segala macam kemudahan. Dan ini telah menyebabkan ekspansi yang cepat dari layanan online yang lebih menguntungkan, seperti e-commerce, jasa perjalanan, dan perbankan online, Go Jek, Uber, dst.

Yang patut diperhatikan tentunya menciptakan lebih banyak lagi pengguna seperti kelompok 25-50 tahun pada 2011, namun sayang saat ini walau smartphone cepat tumbuh 15% sepanjang tahun, masih ada 150 juta lebih pengguna ponsel fitur yang sulit bersenang-senang dengan internet.

Dan banyak dari pengguna ini merupakan bagian dari pasar kelas menengah, dan segmen ini mewakili pasar yang sangat sangat besar untuk layanan digital, sekaligus menjadi pasar iklan yang sangat signifikan.

top