Mengenal Berbagai Macam Rich Snippet pada Hasil Pencarian Google

Bagi sebagian besar blogger yang sudah berpengalaman, sebenarnya istilah rich snippet bukanlah sesuatu yang asing lagi. Rich snippet sendiri adalah keterangan berbentuk data yang disajikan dalam laman mesin pencari. Nah, data tersebut biasanya disematkan oleh para pemilik website untuk memberikan detail-detail penting mengenai isi dari website mereka sendiri.

Image result for schema rich snippets

Image source https://www.clickworker.com/2018/01/31/rich-snippets/

Penggunaan rich snippet tersebut sangat berpengaruh sekali untuk memaksimalkan SEO. Sebagai contoh, saat seseorang mengisi keyword di dalam mesin pencari, maka mereka bisa langsung mengetahui gambaran umum isi website yang terkait dengan keyword tersebut, bahkan sebelum masuk ke dalam website itu. Nah, dengan demikian orang-orang akan lebih tertarik untuk meng-klik website yang memiliki detail dan keterangan yang jelas dibanding dengan website yang tanpa keterangan sama sekali.

Berdasarkan fungsinya sendiri, rich snippet terbagi dalam beberapa jenis. Berikut penjelasannya.

  1. Author snippets. Jenis ini biasanya menampilkan nama penulis, foto pemilik web, serta jumlah follower Google+. Umumnya author snippets digunakan oleh pemilik blog pribadi.
  2. Business and organization snippets. Jenis ini sangat cocok digunakan oleh website bisnis atau organisasi untuk mencantumkan berbagai informasi seperti alamat lengkap, nomor telepon, harga, jam buka, review, bahkan lokasi dalam Google Maps.
  3. Event snippets, atau snippets agenda yang bisa langsung mencantumkan tanggal, lokasi, dan waktu pelaksanaan dalam laman pencarian.
  4. Music album snippets. Jenis ini bisa menampilkan informasi album musik secara detail, seperti judul lagu, durasi, nama album, termasuk juga lirik lagunya apabila disertakan.
  5. People snippets. Jenis ini menampilkan informasi mengenai jabatan pekerjaan, nama perusahaan, serta lokasinya. Untuk menambah detail, Anda juga bisa mencantumkan foto, nickname, dan lain sebagainya.
  6. Product snippets. Jenis ini menampilkan informasi berupa foto produk, rating, ulasan konsumen, harga barang, serta ketersediaan stok, karenanya sangat cocok digunakan untuk mengiklankan suatu produk yang dijual di dalam website.
  7. Recipe snippets atau snippets resep cocok digunakan untuk website yang membahas tentang berbagai resep makanan, karena menampilkan informasi mengenai foto, rating, ulasan, durasi memasak, bahkan hingga jumlah kalori dalam menu yang dicantumkan.
  8. Review snippets, atau biasa dikenal dengan snippets rating bintang. Biasanya jenis ini akan menampilkan rating bintang dari suatu produk atau tempat berdasarkan ulasan konsumen, serta kisaran harga produknya.
  9. Video snippets. Jenis ini akan menampilkan informasi berupa preview dari video yang ada di dalam website. Selain itu, ada pula keterangan tentang durasi, tanggal upload, serta nama akun dari pemilik video tersebut.

Itu dia beberapa jenis rich snippet yang akan membantu memaksimalkan search engine. Dengan memasang rich snippet untuk website Anda, maka peluang untuk menjadi hasil penelusuran terbaik pun akan semakin meningkat, sebab Google lebih menyukai website yang kaya akan informasi.

top