Perbandingan Google Ads VS SEO, Mana Yang Lebih Efektif?

Perbandingan SEM & SEO

Seringkali calon klien datang ke kami dan bertanya seperti ini:

“Kami ingin website kami muncul di halaman 1 Google, yang cocok pakai SEO atau iklan di Google Ads* ya?”

Mungkin Anda juga memiliki pertanyaan dan kebingungan yang sama. Atau mungkin ada pertanyaan-pertanyaan terkait lainnya seperti:

  • SEO itu yang seperti apa? Google Ads itu yang seperti apa?
  • Plus minusnya apa?
  • Cara kerjanya bagaimana?
  • Dan sebagainya.

Nah, di artikel ini akan kami coba kupas sedetail mungkin supaya bisa memberikan gambaran yang jelas, dengan harapan memudahkan Anda mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

*Google Ads dulu dinamakan Google Adwords sebelum di-rebranding pada 24 Juli 2018.

Beda Google Ads dan SEO (Search Engine Optimization)

Secara sederhana, ini bedanya Google Ads dan SEO:

Perbandingan SEO dan Google Ads

Yang kotak hijau adalah website yang muncul di halaman 1 Google karena menggunakan platform Google Ads, dimana melalui platform tersebut kita harus bayar ke Google supaya iklan kita bisa tayang.

Yang kotak biru adalah website yang muncul di halaman 1 Google karena menggunakan teknik SEO, dimana website kita dioptimasi sedemikian rupa sehingga rankingnya naik ke halaman 1 Google. Cara ini disebut juga cara organik, karena kita tidak perlu bayar ke Google.

Garis Besar Cara Kerja Google Ads dan SEO

Untuk Google Ads, iklan biasanya di-setup dan dijalankan menggunakan dashboard yang disediakan Google. Untuk pemakaiannya, kita harus memiliki akun Google dulu supaya bisa login ke dashboard-nya yang bisa diakses di https://ads.google.com

 

Contoh Tampilan Dashboard Adwords

Di dalam dashboard Google Ads, kita bisa setting budget, objective iklan, keyword yang ditarget, copywriting iklan, dan banyak lagi pengaturan-pengaturan lainnya. Di awal, kita harus melakukan transfer dulu ke Google (bisa manual bank transfer atau bisa juga via kartu kredit) sebagai deposit awal budget iklan kita.

Setelah iklan kita dinilai layak untuk tayang, maka nanti budget yang di-deposit akan berkurang jika ada yang klik iklan kita (pay per click, atau PPC).

Sedangkan SEO, yang kita utak-atik adalah website kita sendiri. Teknik SEO sendiri cukup beragam, mulai dari membuat website kita mudah di-crawl dan di-index oleh Google, mengisi konten yang informatif, dan juga membangun authority website dengan link building.

Dari situ, alogaritma Google secara otomatis yang akan menentukan website kita pantas berada di ranking berapa untuk suatu keyword tertentu. Semakin baik kita melakukan optimasi website, semakin besar peluang ranking website kita bisa naik hingga halaman satu Google.

Kelebihan Google Ads

Google Ads memiliki keunggulan sebagai berikut:

+ Cepat dan pasti muncul – Jika budget sudah di-deposit, dalam hitungan hari (iklan) website kita sudah bisa muncul di halaman 1 Google.

+ Targeting bisa diatur – kita bisa set mau munculin iklan kita misal hanya di kota tertentu, di hari & jam tertentu, di device tertentu, atau ke demografi audience tertentu, sehingga lebih tertarget.

+ Iklan bisa lebih masif – untuk level yang lebih advanced, iklan kita bahkan bisa dibuat muncul di berbagai jaringan network Google, seperti di website-website populer, di Youtube, di Gmail, dan mobile apps.

+ Mudah diukur & data lengkap – data-datanya sangat lengkap, mulai dari berapa klik yang dihasilkan, biaya per klik, keyword apa yang mendatangkan klik, dari kota apa, device apa, hari & jam apa, dan sebagainya. Dan yang terpenting, kita bahkan bisa tracking sampai jumlah conversion yang dihasilkan.

+ Bisa incer keyword brand kompetitor Anda – misal Anda jualan produk ABC, sedangkan di pasaran yang banyak dikenal dan dicari orang adalah merek XYZ, maka Anda bisa bikin iklan Anda muncul ketika ada yang ketik merek XYZ tersebut, dengan harapan mereka terpancing untuk beralih ke produk Anda.

Kekurangan Dari Google Ads

(-) Relatif high-cost – website kita hanya muncul di halaman 1 Google selama kita bayar terus ke Google-nya. Jika budget habis, iklan website kita pun hilang. Selesai. Belum lagi bicara bidding biaya per klik yang cenderung naik terus (karena kompetitor yang berani bid lebih tinggi dari Anda).

(-) Rumit bagi yang awam, bisa boncos – kalau masih awam, berpotensi salah setting dan kurang paham cara maksimalkan fitur-fiturnya, yang bisa berakibat fatal berupa iklan tidak tertarget dan budget habis secara boros tanpa hasil yang jelas (bakar duit).

(-) Aturan & batasan yang bikin repot – ada produk-produk tertentu dan kondisi website tertentu yang dilarang diiklankan (atau dibatasi) oleh Google, contohnya adalah yang terkait tembakau, obat-obatan, senjata, dan beberapa contoh lainnya.

Kelebihan SEO

Sederhananya, apa yang menjadi kelemahan Google Ads sebelumnya, adalah keunggulan yang dimiliki SEO (dan sebaliknya). Mari kita kupas lebih lanjut, dimulai dari keunggulannya dulu:

+ Lebih cost-efficient (untuk jangka panjang) – kalau Anda punya waktu untuk melakukan SEO sendiri, bisa dibilang SEO itu 100% free! Anda tidak perlu bayar siapa-siapa, dan website Anda bisa muncul di halaman 1 Google (kalau berhasil). Anda bisa tinggalkan begitu saja dan ranking website Anda bisa tetap baik-baik saja, tidak seperti Google Ads yang harus terus-menerus di-topup.

+ Authority lebih tinggi, lebih dipercaya – secara statistik, visitor lebih banyak klik (dan percaya) untuk hasil pencarian organik (SEO).

Kekurangan Dari SEO

(-) Belum tentu berhasil – sekalipun Anda paham teknik SEO, tidak ada satupun yang bisa garansi website Anda pasti berhasil muncul di top 10 Google. SEO sifatnya memperbesar peluang saja, selalu ada kemungkinan website kita gagal muncul di page 1 Google untuk keyword yang kita inginkan.

Semua itu kembali lagi ke “rahasia” alogaritma Google dalam me-ranking website kita.

(-) Umumnya butuh waktu cukup lama – kalaupun berhasil ranking di page 1, seringkali (walau tidak selalu) butuh waktu yang lama. Biasanya 3 – 6 bulan untuk SEO keyword-keyword yang kompetisi medium hingga high.

Jika kebutuhan Anda cukup urgent, maka SEO sepertinya bukan pilihan yang tepat.

(-) Ranking bisa naik turun – walau sudah berhasil di halaman 1, tidak tertutup kemungkinan terlempar lagi dari page 1, terutama kalau ada perubahan alogaritma, perubahan konten website, atau kompetitor yang lebih agresif SEO-nya. Kalau sudah begini, maka kita harus SEO lagi (dan belum tentu berhasil).

(-) Tidak bisa diatur targetingnya – kalau sudah halaman 1 Google secara organik, kita tidak bisa atur misalnya hanya mau di kota tertentu saja, di jam-jam tertentu saja, atau hanya muncul di audience tertentu saja.

Ini bisa mengakibatkan Anda mendapatkan leads yang kurang tertarget. Misal, bisnis Anda adalah distributor mesin yang hanya melayani area Surabaya. Begitu website Anda halaman 1 Google, besar kemungkinan orang yang searching “distributor mesin XYZ” dari Jakarta juga akan klik dan menghubungi Anda, padahal lead tersebut bukanlah target audience Anda (karena dari Jakarta).

(-) Sulit kalau mau target keyword kompetitor – Kalau mau target keyword kompetitor Anda (artinya jika ada yang searching brand kompetitor Anda, maka website Anda yang muncul), maka Anda harus sediakan dulu halaman yang berisi informasi tentang kompetitor Anda tersebut. Kalau tidak bisa, maka tidak bisa/ sulit untuk ranking di keyword tersebut.

Pertanyaannya, apakah mungkin kita bikin konten tentang kompetitor kita? 🙂

Jadi, Pakai Yang Mana? Ini Pertimbangan-Pertimbangannya

Business Decision

Idealnya tentu menjalankan keduanya. Tapi kalau harus memilih salah satu, beberapa pertimbangan ini bisa dijadikan panduan dalam mengambil keputusan:

  • Jika bisnis Anda butuh cepat, dan tidak bisa ditolerir lagi, maka Google Ads adalah pilihan yang tepat.
  • Jika Anda ingin yang long-term, tidak harus langsung di page 1, dan lebih tertarik dengan efisiensi biaya, maka SEO lebih tepat.
  • Jika bisnis Anda butuh yang tertarget secara spesifik (misal hanya melayani audience dan lokasi tertentu saja), maka Google Ads akan lebih tepat.
  • Jika Anda ingin muncul di page 1 Google dan dipandang lebih memiliki authority, maka organik lebih tepat, alias SEO.

Jika masih bingung, atau membutuhkan jasa profesional untuk SEO dan Google Ads perusahaan Anda, feel free untuk berkonsultasi dengan tim kami untuk memberikan arahan dan rekomendasi yang terbaik. Bisa melalui tombol WA floating di sudut kanan bawah, atau melalui inquiry form yang tersedia.

Semoga sharing ini bermanfaat bagi bisnis Anda dan jangan lupa follow IG kami disini untuk mendapatkan insight dan tips terbaru seputar digital marketing.

Note:

  • Silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat
  • Harap cantumkan backlink jika Anda menjadikan artikel ini sebagai referensi di blog Anda
  • Konten ini telah diupdate terakhir kali per 27 Feb 2021

 

top