5 Poin Penting Tren Digital Marketing di Tahun 2021

Kita hidup pada zaman di mana teknologi pemasaran digital terus bergerak cepat dan minat serta perilaku konsumen menjadi semakin sulit untuk diprediksi. Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda tidak bisa lagi melancarkan teknik marketing dengan strategi lama sambil berdiam diri dan terus berharap agar metode Anda bisa berhasil selamanya.

Pada penjelasan di bawah ini, Anda akan diberitahu mengenai beberapa poin penting tentang digital marketing terbaru di tahun 2021 demi membantu kelancaran bisnis Anda agar jauh lebih unggul dan bisa terus bersaing dengan kompetitor.

1. Search Engine Optimization (SEO)

halaman pencarian google

Lebih dari 90% traffic / pengunjung website berasal dari mesin pencari google. Itulah mengapa SEO menjadi kebutuhan bagi berbagai macam bidang bisnis jika ingin mendapatkan exposure yang signifikan. Selain itu, SEO juga sampai saat ini tetap menjadi jurus andalan untuk mendapatkan calon pelanggan yang potensial. Maka, sebagai owner mungkin Anda perlu memulai untuk melakukan SEO pada website perusahaan Anda. Jika Anda sulit untuk melakukan tersebut, kami sebagai digital agency Indonesia yang sudah beroperasi sejak 2009 menyediakan Jasa SEO yang bisa menjadi partner bagi perusahaan Anda.

2. Live Streaming

people watch live streaming

Live streaming merupakan jenis konten siaran langsung yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis dan menarik minat konsumen. Strategi ini tidak hanya dinilai menghibur dan interaktif saja, tapi Anda juga dapat lebih mudah untuk terhubung dengan para audiens dengan mengajak mereka agar memberikan komentar serta tanggapan langsung mengenai produk dan layanan yang Anda tawarkan.

3. Konten Interaktif

quiz icon

Beberapa jenis kontent interaktif yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan adalah dengan melakukan polling, kuis, survei, atau mengajukan pertanyaan. Jenis konten seperti ini tidak hanya efektif untuk menarik perhatian minat audiens saja, tapi juga mampu membantu Anda untuk dengan mudah mengumpulkan data mengenai preferensi pengguna, yang bisa digunakan sebagai masukan atau saran untuk meningkatkan bisnis Anda di masa yang akan datang.

4. Influencer Marketing

influencer marketing women

Memanfaatkan influencer marketing bisa jadi salah satu strategi pilihan untuk memasarkan bisnis secara online. Mereka bisa menjadi trend setter dan membantu meningkatkan brand awarness bisnis Anda dalam waktu yang instan. Namun sebelum itu, untuk mendapatkan seorang influencer yang tepat, ada baiknya jika Anda mengidentifikasi terlebih dahulu secara detail guna mendapatkan influencer potensial yang paling relevan dengan target audiens yang ingin Anda jangkau.

5. Personalisasi Iklan

personalisasi iklan

Menggunakan personalisasi iklan memungkinkan Anda untuk mengetahui minat dan keinginan audiens berdasarkan aktivitas mereka. Fitur ini dapat membantu para pemilik bisnis untuk membangun hubungan yang lebih unik dan menarik dengan setiap pelanggannya. Hal ini dikarenakan iklan yang Anda buat akan langsung diarahkan kepada setiap pengguna yang memang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda, sehingga Anda akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen potensial.

Itu dia beberapa poin penting tren digital marketing di tahun 2021 yang bisa Anda coba untuk membantu memasarkan bisnis secara online. Jangan ragu untuk selalu mengikuti tren terbaru dan mengevaluasi setiap strategi pemasaran yang Anda lakukan, agar bisnis Anda bisa terus bersaing dan tidak kalah dari kompetitor.

top