SEO untuk Pemula: Pemahaman, Cara Kerja, dan Keuntungan

SEO MEANING

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan bisnis Anda di ranah online, pasti akan berkenalan dengan istilah SEO, yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.

Di artikel kali ini kami akan mengupasnya bagi Anda yang masih pemula tentang SEO dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, dengan topik berikut:

– Apa sih SEO itu?
– Bagaimana cara kerjanya?
– Kenapa bisnis Anda perlu SEO?

Arti SEO

Pengertian SEO secara sederhana adalah proses melakukan optimasi sebuah website (termasuk di dalamnya adalah blog, toko online, dll) dengan tujuan meningkatkan ranking website Anda hingga halaman 1 Search Engine seperti Google untuk pencarian keyword-keyword tertentu.

Loh, memangnya bisa ranking website di search engine “dimanipulasi”? Jawabannya adalah bisa. Silahkan terus membaca.

Cara Kerja Search Engine

spider google

Apa sih search engine (mesin pencari) itu?

Di internet, ada milyaran website yang berisi beragam topik dan informasi. Misalnya ada seseorang yang membutuhkan informasi tentang sejarah Indonesia, bagaimana dia bisa menemukannya? Nah, disinilah fungsi search engine. Cukup gunakan mesin pencari seperti Google, maka akan ditampilkan berbagai website yang mengandung informasi tentang sejarah Indonesia.

Search engine bekerja dengan 2 hal: CRAWLER dan ALGORITMA

CRAWLER – kadang disebut juga dengan spider, adalah semacam software atau script bot yang bertugas mengumpulkan database (indexing) seluruh website yang ada di internet, dan menyimpannya dalam sebuah kesatuan database besar. Tugas utama crawler adalah mengumpulkan.

ALGORITMA – adalah rumus atau formula tertentu yang dibuat oleh search engine dalam menentukan prioritas website mana yang ditampilkan lebih awal (dari sekian banyak database website yang telah dikumpulkan) dalam sebuah pencarian spesifik tertentu. Tugas utama algoritma adalah menyusun.

Dengan 2 informasi sederhana tersebut, maka logikanya adalah agar website Anda bisa ditampilkan di awal untuk sebuah pencarian keyword, maka Anda harus bisa membuat website Anda bisa diindex oleh search engine dan memenuhi syarat formula algoritmanya. Melakukan dua hal tersebut itulah yang disebut dengan SEO.

Tentu saja, perlu dicatat bahwa 2 poin itu (indexing dan algoritma) adalah garis besarnya saja. Masing-masing memiliki jabaran yang lebih spesifik dan terkadang rumit. Karena artikel ini hanya untuk pemula, jadi tidak dibahas disini.

Buat Apa Melakukan SEO?

Statistik SEO

Tujuan paling utama adalah karena bisa mendatangkan trafik ke website Anda. Bagi perusahaan atau bisnis yang memiliki website, tentu dengan SEO bisa mendatangkan calon pembeli yang potensial ke website mereka. Bagi media online seperti portal berita, banyak trafik ini tentu bisa menarik para pengiklan.

Dengan trend penggunaan internet yang terus meningkat di Indonesia, artinya makin banyak orang yang mencari sesuatu lewat search engine seperti Google. Jika Anda memiliki website tapi tidak di SEO, maka Anda akan melewatkan sebuah kesempatan yang bisa saja diambil oleh kompetitor Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera SEO website Anda atau Anda akan ketinggalan dari jaman digital ini.

top