Strategi Digital Marketing Untuk Perusahaan B2B (Real Case Study)

B2B Online Marketing

Apakah perusahaan Anda bergerak di bidang Business-to-Business alias B2B?

Dan apakah Anda ingin lebih memaksimalkan pemasaran digital perusahaan B2B Anda di ranah online/ internet?

Jika YA, berikut adalah kumpulan strategi dan teknik digital marketing untuk perusahaan B2B yang kami kumpulkan dari pengalaman kami selama bertahun-tahun dalam menangani klien-klien B2B kami.

Apa Itu Perusahaan B2B?

Secara sederhana, perusahaan B2B adalah perusahaan yang produk atau jasanya ditujukan kepada corporte/ perusahaan sebagai customernya, bukan ke individu/ perorangan seperti bisnis retail.

Misalnya adalah graphic design agency, distributor mesin fotokopi, distributor peralatan kantor, mesin-mesin industri, konsultan bisnis, perusahaan IT, banking automation, jasa security, dan sebagainya.

Bertahun-tahun Handle Klien B2B, Inilah Rekomendasi Digital Marketing Kami Untuk Bisnis B2B

Sekarang, mari kita bahas satu per satu strategi digital marketing untuk perusahaan B2B yang mungkin bisa menjadi insight bagi perkembangan bisnis Anda.

1. Harus Punya Website yang Profesional

Target customer Anda adalah dunia korporasi, dimana mereka kalau cari vendor atau supplier harus hati-hati, tidak boleh sembarangan dan asal pilih. Apalagi kalau produk/ jasa Anda memiliki nilai yang tinggi.

Artinya mereka akan review-review dulu, baca-baca profil Anda, intinya mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum menghubungi sales Anda.

Nah, dalam dunia yang serba online ini, tempat pertama yang mereka harapkan untuk mempelajari perusahaan Anda adalah website Anda. Kalau tidak punya website, bye bye. Jika sudah punya website, maka pastikan website Anda memiliki tampilan yang profesional, tidak jadul dan tidak terkesan abal-abal.

Ingat, dalam pemasaran digital, sering kali kesan pertama terjadi di website Anda.

2. Lakukan SEO Untuk Website Anda

Dulu bisnis B2B mengandalkan Yellow Pages, karena disitulah biasanya bagian Purchasing sebuah perusahaan cari vendor. Tapi sekarang, mereka carinya via Google. Lebih cepat, murah, dan praktis.

Artinya, saat orang searching kata kunci yang terkait produk/ jasa perusahaan Anda, maka harus dipastikan website Anda muncul di page 1 Google. Nah, disinilah perlu yang namanya Search Engine Optimization, atau SEO.

SEO adalah teknik supaya website kita bisa muncul di halaman 1 Google sesuai dengan kata kunci yang diinginkan. Untuk melakukan SEO memang tidak mudah dan butuh waktu, dan itu pun tidak jamin pasti berhasil (tidak ada yang bisa jamin 100% keberhasilan SEO sebuah website).

Tapi sekalinya berhasil, Anda akan mendapatkan banyak lead potensial dari Google, dan itu sangat sepadan. Anda bisa mempertimbangkan melakukan SEO secara in-house atau menggunakan penyedia jasa SEO profesional yang sudah memiliki track record yang baik.

3. Jalankan Google Ads (Dulu Disebut Google Adwords)

Sama dengan SEO, dengan Google Ads website Anda juga bisa muncul di halaman 1 Google, untuk pencarian kata kunci yang relevan.

Bedanya, kalau Google Ads ada label “iklan” berwarna hijau di samping listing website Anda. Google Ads juga menggunakan sistem bidding, artinya kita harus bayar ke Google untuk setiap klik yang terjadi di iklan kita. Kalau budget sudah habis, maka website kita tidak muncul lagi.

Idealnya adalah SEO + Google Ads dijalankan berbarengan. Anda bisa juga baca-baca mengenai perbandingan Google Ads dan SEO, atau bisa juga mengenal tentang Google Ads disini.

4. Jadikan Website Anda Menjual

Setelah memiliki website dan menjalankan SEO + Google Ads, artinya akan mulai berdatangan trafik di website Anda. Visitor-visitor ini kemungkinan besar menjadi customer Anda nanti, sehingga peran website Anda sebagai “salesman” sangat vital disini.

Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan isi website Anda sehingga menjual, membuat supaya si calon customer ini YAKIN dan TERTARIK untuk menghubungi Anda lebih lanjut.

Untuk menjadikan website Anda menjual, lakukan beberapa hal berikut:

  • Pastikan design web Anda profesional, jangan terlihat murahan
  • Isi harus informatif (terutama halaman produk/ jasa), jangan ala kadarnya
  • Navigasi harus mudah, jangan mempersulit visitor mendapat informasi
  • Nomor sales hotline, alamat kantor, dan email harus jelas dan noticeable
  • Keunggulan perusahaan harus dicantumkan di website
  • Loading harus cukup cepat, jangan sampai visitor bete dan leave
  • Harus bisa tampil responsive di smartphone

5. Jalankan Social Media (Untuk Case Tertentu)

Sejauh pengalaman kami, untuk perusahaan dengan tipe B2B, social media tidak terlalu krusial dan urgent dalam hal mendatangkan sales. Boleh saja memaksimalkan social media jika ada budget lebih dan strategi lead generation Anda sudah cukup stabil.

Tetapi ada case-case tertentu dimana social media menjadi penting bagi perusahaan B2B, yaitu:

Jika Produk/ Jasa Anda Berhubungan Dengan Visual
Misal, Anda menjual furniture custom untuk perkantoran, dimana design yang dibuat sangat unik dan menarik. Maka memiliki akun Instagram yang aktif dan di-post secara berkala sangat kami rekomendasikan. Atau misalnya Anda bergerak di bidang design interior, maka sangat cocok mem-posting portfolio hasil karya Anda di Instagram.

Tapi jika Anda menjual “boring products” seperti mesin industri, spare part pabrik, maka optimasi social media tidak begitu penting.

Jika Produk/ Jasa Anda Berhubungan Dengan Tips
Misal, Anda bergerak di bidang konsultasi pajak. Anda bisa memanfaatkan Facebook Fanspage sebagai wadah Anda sharing berbagai tips dan artikel seputar pajak bagi UKM dan bisnis.

Dengan demikian, Anda akan dipandang sebagai expert, dan dari situ bisa saja ada pengguna Facebook yang memiliki masalah dengan pajak di perusahaannya kemudian tertarik menggunakan jasa Anda.

Tetap Up-to-Date. Terus Mencoba. No Instant Result.

Dunia digital itu sangat dinamis, terus berubah, dan menawarkan banyak hal baru. Kita perlu terus up-to-date dengan strategi-strategi baru, mencoba dan gagal, dan harus realistis dengan tidak mengharapkan hasil instan.

Semoga sharing ini bermanfaat bagi bisnis Anda. Jangan lupa follow IG kami disini untuk mendapatkan insight dan tips terbaru seputar digital marketing.

Tags

top