5 Penyebab Peringkat Website Selalu Naik-Turun di Google

Anda mungkin sudah melakukan usaha terbaik dengan memaksimalkan SEO agar website Anda berada di ranking teratas. Tapi entah kenapa usaha Anda selalu gagal lagi dan lagi. Alih-alih merasa frustasi, Anda perlu tahu bahwa ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi bagaimana cara mesin pencari Google bekerja.

peringkat di google

Nah, jika Anda tidak ingin ranking website Anda terus naik-turun, berikut beberapa penyebab yang harus dihindari.

1. Terdapat Konten yang Mirip

Konten duplikat bisa menjadi salah satu faktor penting yang dapat membunuh ranking website. Bayangkan jika Anda sudah membuat sebuah konten bagus lalu mempublikasikannya di website Anda, tapi kemudian ada website lain yang meniru dan menduplikasinya. Hal tersebut dapat membuat kedua ranking website jadi berada di tingkat rata-rata. Alih-alih website Anda berada di hasil pencarian teratas, Anda justru harus berbagi eksistensi dengan konten lain yang mencontek konten Anda, karena begitulah cara Google melihat konten duplikat.

Oleh sebab itu, selalu pastikan agar Anda memiliki konten unik yang tidak diduplikasi oleh website lain. Karena bisa jadi ketika Google berusaha mencari si pemilik konten original, justru mesin pencari malah memilih website yang salah dan menampilkannya di hasil pencarian teratas.

2. Tingkat Kompetisi Keyword

Kompetisi keyword tentu akan memengaruhi beberapa website yang sudah ranking di google. Semakin berat kompetisinya, semakin susah untuk ranking di keyword tersebut. Kalaupun sudah ranking, bisa jadi sering mengalami fluktuatif. Karena yang mengincar keyword tersebut bukan hanya Anda, tapi juga ratusan bahkan ribuan website di luar sana ikut bersaing. Inilah yang membuat ranking website sering naik-turun di mesin pencari.

3. Google Melakukan Update Algoritma

Google menggunakan algoritma (yang rutin mereka update) bertujuan agar pengguna mesin pencari google seperti kita semakin mendapatkan kemudahan & kenyamanan. Terkadang, saat melakukan update pada algoritmanya, tidak jarang website-website yang sudah berada di halaman 1 google bisa terkena dampak dari perubahan tersebut.

Karena mungkin website yang terkena dampak tersebut termasuk website yang low-speed, tidak relevan, dll yang menurut google tidak pantas berada di halaman 1.

Baca juga: 5 Hal Dasar Yang Harus Diperhatikan Sebelum Beriklan di Google Ads

4. Tidak Membuat Konten Secara Konsisten

Membuat konten secara berkala dan teratur dapat mempertahankan posisi Anda di ranking teratas. Karenanya, seorang pebisnis yang sukses selalu membuat strategi konten yang terjadwal dengan baik. Cobalah membuat jadwal mingguan untuk membantu Anda mempublikasi konten secara konsisten. Semakin sering Anda membuat konten yang baik dan berkualitas, maka akan semakin baik pula hasilnya.

5. Website Anda Tidak Mobile Friendly

Setiap orang menjelajahi internet dengan menggunakan perangkat yang berbeda-beda, karena itu ada baiknya jika website Anda mudah diakses oleh berbagai macam perangkat. Sebab saat ini Google lebih memprioritaskan pengindeksan yang menggunakan perangkat seluler, karena penggunanya jauh lebih banyak ketimbang perangkat laptop ataupun komputer.

Pada intinya, jika Anda ingin website Anda selalu dilirik oleh Google, maka pastikan Anda sudah memenuhi semua keinginan dan kebutuhan yang diperlukan oleh Google. Dengan demikian, bisnis Anda akan tetap stabil di peringkat teratas tanpa tergeser oleh yang lain.

top